Tags

,


IV.              PROGRAM KERJA KEMITRAAN DAN PENGGALANGAN DANA 

A.   PROGRAM KERJA KEMITRAAN

Langkah-langkah yang ditempuh dalam pelaksanaan program kerja kemitraan ini adalah sebagai berikut : 

1.    Program Kerja Kemitraan dalam Pelaksanaan Program

a.   Mengajukan Proporsal Program Pemberdayaan Sosial dan Ekonomi bagi Masyarakat Pesisir di Desa Tablolong – Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang guna mendapat persetujuan, rekomendasi dukungan, kepada :

1)   Gubernur Nusa Tenggara Timur melalui Bappeda Provinsi Nusa Tenggara Timur.

2)   Bupati Kupang melalui Bappeda Kabupaten Kupang

b.   Setelah mendapatkan persetujuan, rekomendasi dan dukungan, selanjutnya mengundang semua pihak terkait yang diharapkan dapat menjadi mitra kerja dalam pelaksanaan program (Dinas Koperasi, Dinas Perikanan dan Dinas Perikanan, baik di tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten serta Organisasi Sosial, Organisasi Keagamaan dan Dunia Usaha).

c.   Mempresentasikan dan mendiskusikan permasalahan dan kebutuhan masyarakat pesisir di Desa Tablolong kepada calon mitra kerja.

d.   Mengakomodir dan menginventarisir usul, saran, pendapat dan rencana pencapaian target fungsional program dari masing-masing calon mitra kerja.  Semua usul, saran, pendapat dan rencana target tersebut kemudian dirumuskan kembali menjadi rencana pencapaian target Tim Kerja.

e.   Menginventarisir jenis dan jumlah dukungan dari masing-masing calon mitra kerja.

f.     Menetapkan jenis dan frekuensi tiap-tiap kegiatan yang akan dilaksanakan.

g.   Menyusun rencana pembagian tugas untuk masing-masing calon mitra kerja.

h.   Menugaskan masing-masing unsur dalam Tim Kerja untuk menyiapkan materi yang akan disampaikan kepada masyarakat sesuai dengan tugas calon mitra kerja.

i.     Menyusun jadwal pelaksanaan kegiatan.

j.     Menandatangani kesepakatan kerja sama kemitraan di antara semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program.

k.   Melaksanakan kegiatan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. 

2.    Program Kerja Kemitraan antara Kelompok Binaan dengan Dunia Usaha dan Pihak-pihak terkait lainnya

Program kerja kemitraan antara kelompok binaan dengan dunia usaha dan pihak-pihak terkait lainnya bertujuan untuk :

a.   Mendukung upaya pengembangan potensi dan kualitas sumber daya manusia maupun sumber daya alam di Desa Tablolong – Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.

b.   Mendukung kegiatan usaha ekonomi produktif yang dilaksanakan oleh kelompok binaan, baik dalam hal penyediaan bahan baku, produksi maupun pemasaran (distribusi).

c.   Memberikan motivasi bagi kelompok binaan dalam melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan.

Program kerja kemitraan ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim Kerja Pelaksana Program Pemberdayaan.  Upaya untuk melibatkan dunia usaha dan berbagai pihak telah dilakukan sejak awal persiapan kegiatan.  Oleh karena itu, pada saat dilakukan terminasi maka kelompok binaan dirujuk kepada dunia usaha atau para pengusaha yang bersedia menjadi ‘bapak angkat’ untuk mendukung kesinambungan usaha ekonomi produktif yang telah dirintis oleh masyarakat. 

B.   PENGGALANGAN DANA

Penggalangan dana untuk pelaksanaan Program Pemberdayaan Sosial dan Ekonomi bagi Masyarakat Pesisir di Desa Tablolong dibagi atas 2 (dua) jenis kegiatan, yaitu :

1.    Penggalangan Dana untuk Pelaksanaan Program

Dana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan program ini dihimpun dari anggaran yang tersedia pada masing-masing Instansi terkait maupun organisasi sosial, organisasi keagamaan dan dunia usaha yang terlibat dalam kegiatan. 

2.    Penggalangan Dana untuk Pengembangan Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kelompok Binaan

Dana yang dibutuhkan untuk pengembangan kegiatan yang telah dirintis dan dilaksanakan oleh kelompok binaan dihimpun dari :

a.    Dunia usaha atau para pengusaha yang bersedia menjadi ‘bapak angkat’ bagi kelompok binaan.

b.    Penyelenggaraan bazaar atau penjualan hasil-hasil produksi kelompok binaan kepada masyarakat umum.  Kegiatan ini dapat dilakukan dengan cara :

1)    Mengadakan bazaar atau penjualan di lokasi tempat tinggal kelompok binaan.

2)    Mengadakan bazaar atau penjualan di lokasi di luar tempat tinggal kelompok binaan.

c.    Mengikutsertakan dan menjual hasil-hasil produksi kelompok binaan pada pekan Pameran Pembangunan atau acara-acara lainnya di tingkat Provinsi maupun Kabupaten.

d.    Menawarkan dan memasarkan hasil-hasil produksi kelompok binaan kepada masyarakat umum atau kelompok-kelompok khusus yang mempunyai daya beli tinggi, dengan cara :

1)    Mengundang berbagai pihak untuk mengunjungi lokasi produksi dan stand penjualan di lokasi tempat tinggal kelompok binaan.

2)    Menyebarkan leaflet atau brosur mengenai usaha ekonomi produktif yang dilakukan oleh kelompok binaan dan hasil-hasil yang dicapai.

3)    Menawarkan paket perjalanan wisata ke Desa Tablolong kepada Instansi, kelompok-kelompok masyarakat dan wisatawan (internasional, nasional dan lokal).

e.    Mengajukan proporsal dan atau permohonan dukungan dana kepada bank-bank yang ada di tingkat provinsi maupun di tingkat Kabupaten Kupang agar bersedia memberikan dukungan dana atau pinjaman lunak kepada kelompok binaan dalam rangka pengembangan modal usaha. 

V.            PENUTUP

 

Perhatian dan dukungan Pemerintah Daerah sangat penting untuk kelancaran dan pencapaian keberhasilan program.  Dukungan tersebut untuk tahap awal tidak dalam bentuk anggaran atau dana tetapi lebih kepada pemberian ijin untuk pelaksanaan kegiatan, keterlibatan dalam setiap sesi kegiatan, masukan/saran pendapat yang konstruktif dan keterlibatan dalam kegiatan monitoring maupun evaluasi.

Keberhasilan program yang akan dilaksanakan mungkin tidak akan persis serupa dengan target yang direncanakan oleh karena itu apabila hasil evaluasi proses yang dilakukan setiap periode (per 3 bulan sekali) menunjukkan indikator hambatan atau kegagalan maka dimungkinkan untuk dilakukan revisi terhadap rencana program.  Revisi tersebut dapat berupa perubahan pada beberapa bagian, perbaikan atau penggantian jenis kegiatan serta penetapan ulang jadwal pelaksanaan kegiatan.